Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terdiri dari berbagai kegiatan, salah satunya yakni ice breaking. Dalam setiap kegiatan perlu adanya penyegaran agar siswa tidak bosan.
Ice breaking adalah kegiatan atau permainan singkat yang bertujuan untuk mencairkan suasana, menghilangkan rasa canggung dan tegang, serta membangun keakraban di antara siswa baru.
Inilah 25 ide ice breaking MPLS untuk siswa SD, SMP, dan SMA lengkap dengan penjelasan aturan permainan. Yuk, simak.
Ice breaking ini bertujuan untuk menanamkan rasa empati dan nilai inklusi kepada siswa. Aktivitas ini berdurasi 15-20 menit. Ini aturan permainannya.
a. Buatlah kelompok dengan anggota lima orang yang menggunakan jam tangan!
b. Buatlah kelompok dengan anggota tujuh orang yang menggunakan tas ransel ke sekolah!
c. Buatlah kelompok dengan anggota empat orang yang memakai sepatu bertali!
d. Buatlah kelompok dengan anggota enam orang yang membawa botol minum ke sekolah!
e. Buatlah kelompok dengan anggota tiga orang yang
Permianan superhera dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap masalah-masalah yang terdapat di sekitar mereka. Selain itu, mengasah kemampuan berpikir kritis siswa untuk mencari solusi dari masalah yang mereka temui.
Aktivitas ini berdurasi 15-20. Berikut aturan mainnya:
Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan kekompakan. Cara bermainnya sebagau berikut:
Ice breaking menggunakan balon dan siswa saling mengajukan pertanyaan dan menjawab. Ini bisa menjadi sarana perkenalan ringan. Alat yang perlu disiapkan hanya balon yang diisi kerta pertanyaa. Adapun pertanyaan yang bisa dibuat yakni:
Siswa melempar balon ke arah lainnya. Bagi yang dapat balon harus menjawab isi kertas di dalamnya.
Tujuan permainan ini untuk mengenalkan lebih banyak teman. Cara bermainnya yakni:
Setiap siswa diminta untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama dan satu fakta menarik tentang hidupnya. Bisa hobi, tempat favorit atau hal lain yang menarik. Permainan ini bertujuan membuat siswa saling mengenal satu sama lain.
Guru atau salah satu siswa memulai permainan dengan melontarkan pertanyaan sederhana. Nanti, siswa berikutnya menjawab pertanyaan dengan benar lalu mengajukan pertanyaan baru ke murid selanjutnya.
Misalnya, pertanyaan sederhana diawali dengan apa hobi yang kamu sukai? Siswa yang mendapat pertanyaan ini harus menjawab dan menyiapkan pertanyaan lanjutan untuk siswa berikutnya.
Siswa duduk dalam sebuah lingkaran dan satu orang memulai dengan menyebutkan nama dan gerakan fisik sederhana. Kemudian, siswa disampingnya bergantian menyebutkan nama sambil mengulangi gerakan yang dilakukan siswa sebelumnya dan menambahkan gerakan baru. Hal ini dilakukan berulang hingga siswa terakhir.
Siswa membentuk lingkaran dan kursi-kursi ditempatkan ditengah lingkaran. Ketika musik dimulai, siswa mengelilingi kursi yang telah disusun. Saat musik berhenti, siswa harus segera duduk di atas kursi.
Nah, bagi siswa yang tidak mendapatkan kursi akan keluar dari lingkaran. Permainan berlanjut hingga hanya tinggal satu pemenang. Game ice breaking ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan mendorong interaksi antar siswa.
Siswa diminta untuk berbagi cerita lucu atau menggelitik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Cerita ini bisa tentang kejadian kocak, momen lucu di rumah atau hal-hal menggelitik lainnya.
Siswa diminta untuk mencari pasangan dan kemudian mereka akan menepuk tangan sesuai instruksi dari guru. Misalnya tepuk tangan 10 kali, maka siswa harus saling bertepuk sebanyak angka yang disebutkan. Permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Setiap siswa diminta untuk memperkenalkan diri secara singkat sambil menyanyikan bagian kecil dari lagu yang ditentukan. Hal ini membantu siswa untuk merasa lebih nyaman dan akrab satu sama lain.
Setiap siswa diberi balon dan diminta untuk meniupnya. Mereka harus menuliskan nama dan satu fakta tentang dirinya di balon tersebut. Kalau, semua balon dilepaskan ke udara dan siswa diminta untuk mengambil balon yang mendarat dan membaca fakta yang ditulis. Melalui cara ini siswa dapat saling mengenal dengan cara yang menyenangkan.
Siswa dibagi menjadi beberapa tim kecil dan diberi tugas untuk membangun menara dari bahan-bahan yang disediakan. Bisa balok kayu yang kecil atau mainan berbentuk kotak. Tugas ini tidak hanya mengharuskan siswa bekerja sama namun memungkinkan mereka berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.
Guru akan menentukan dua orang siswa yang dipilih sebagai bingo. Siswa lainnya akan diberi kisi-kisi mengenai siswa bingo dengan karakteristik dan ciri-ciri tertentu seperti punya saudara kembar atau pernah jalan-jalan ke luar kota.
Siswa harus mencari bingo yang sesuai dengan kisi-kisi. Karena itu, mereka akan saling bertanya satu sama lain untuk mencari siswa yang sesuai kisi-kisi. Jika sudah ketemu, siswa akan menuliskan nama dan memasukkan ke kota bingo.
Permainan puzzle kelompok bertujuan utnuk membangun kerja sama dan strategi. Cara bermainnya yakni:
Permainan ekspresi emosi membangun empati dan ekspresi diri. Cara bermainnya sebagai berikut:
Bermain fakta atau tipu melati komunikasi dan mengenal teman. Cara bermainnya sebagai berikut:
Permainan Siapa Aku? dapat melatih logika dan kepekaan sosial. Cara bermainnya sebagai berikut:
Ice breaking bisik berantai versi kalimat panjang sebagai permainan yang melatih konsentrasi dan kekompakan. Cara bermainnya yakni:
Permainan Siapa Cepat melatih fokus dan kecepatan berpikir. Aturan bermainnya yakni:
Ice breaking musik dan gerakan menjadi permainan yang seru dan membuat suasana menjadi nyaman. Siswa akan diajak untuk berpartisipasi dalam aktivitas musik dan gerakan yang melibatkan menyanyi atau menari.
Gerakan yang ditampilkan sangat mudah diikuti. Hal ini dilakukan untuk menghibur
Permainan bola nama bisa menjadi pilihan untuk membuat suasana yang menyenangkan dan seru. Berikut ini aturan mainnya:
Giok4D hadirkan ulasan eksklusif hanya untuk Anda.
Peserta MPLS dapat menjalin perkenalan dengan permainan teriak OK! Permainan ini membutuhkan kertas dan alat tulis. Panitia membagikan kertas yang berisikan beberapa pertanya kepada seluruh peserta MPLS. Bagi peserta yang sudah menjawab semua pertanyaa, maka bisa berteriak OK! Kemudian, panitia akan memeriksa hasilnya.
Kursi goyang bisa meningkatkan kerja sama tim. Cara bermainnya yakni peserta membuat kursi goyang berukuran 50×50 cm atau sesuai kebutuhan permainan dari panitia. Setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa dan akan diminta untuk bersiri di atas satu bauh kursi goyang. Permainan ini dapat melatih keseimbangan dan kosentrasi.
Itulah 25 ide ice breaking MPLS untuk SD, SMP, dan SMA. Semoga berguna, ya.