Setelah ujian semester berakhir, wali kelas akan membuat catatan khusus untuk siswa yang diajarnya. Ada banyak contoh catatan wali kelas semester ganjil yang bisa dipilih untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.
Dilansir website MI NU Al Falah, catatan wali kelas adalah kata-kata pemberitahuan perihal sesuatu yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan lagi untuk kegiatan belajar pada semester berikutnya. Catatan tersebut dicantumkan untuk memberi motivasi kepada siswa agar menambah semangat belajar untuk ke depannya.
Contoh catatan yang ditulis wali kelas berfokus pada perkembangan holistik peserta didik, termasuk capaian akademik tertentu, nonakademik, hingga projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).
1. Ananda (nama siswa) menunjukkan perkembangan yang sangat baik di semester ini, terutama dalam kemampuan berhitung (numerasi) dan memecahkan masalah sederhana. (nama siswa) juga sangat aktif dan kooperatif saat mengerjakan Projek P5 “Lingkungan Bersih, Hati Gembira”, menunjukkan sikap Gotong Royong yang tinggi. Teruslah semangat belajar dan pertahankan sifat mandiri ini, ya!
2. (Nama siswa) menunjukkan kemandirian yang sangat baik dalam menyelesaikan tugas dan inisiatif tinggi untuk membantu teman. Keunggulan pada Numerasi dan sikap Bertanggung Jawab perlu terus dipertahankan. Teruslah menjadi inspirasi bagi teman-temanmu!
3. (Nama siswa) adalah anak yang ceria dan memiliki potensi besar dalam seni dan kreativitas. Beberapa materi ajar telah dikuasai dengan baik. Namun, perlu ada peningkatan dalam fokus saat belajar dan kerapian dalam menyelesaikan tugas. Mari bersama-sama tingkatkan sikap disiplin dan tanggung jawab di semester depan. Saya yakin (nama siswa) pasti bisa lebih baik!
4. (Nama siswa) memiliki bakat Kreatif yang luar biasa, terlihat dari hasil karya seni dan ide-ide saat pembelajaran. Namun, perlu meningkatkan fokus dan konsentrasi saat mendengarkan instruksi. Mari melatih sikap Mandiri dan ketekunan lebih lagi!
5. Ananda (nama siswa) sangat menonjol dalam Projek P5 dengan tema (Sebutkan tema, misal: Gaya Hidup Berkelanjutan), menunjukkan semangat Gotong Royong dan Bernalar Kritis yang baik. Teruslah aktif dan bersemangat dalam eksplorasi ilmu pengetahuan!
6. Perkembangan (nama siswa) di aspek sosial sangat baik, mudah beradaptasi. Kami mendorong peningkatan pada kemampuan Literasi (membaca dan memahami). Mari luangkan waktu lebih banyak untuk membaca di rumah agar penguasaan materi semakin lancar.
7. (Nama siswa) adalah anak yang ceria, menunjukkan Kebhinekaan Global dengan menghargai perbedaan pendapat teman. Kemampuan komunikasi yang kuat adalah aset berharga. Teruslah kembangkan potensi diri, terutama dalam penguasaan materi (Sebutkan satu mapel, misal: PAI) yang sudah baik!
8. (Nama siswa) memiliki potensi besar dalam berpikir logis. Namun, kami harap ada peningkatan pada disiplin waktu dan kerapian buku tugas. Mari bersama-sama tingkatkan sikap tanggung jawab untuk hasil yang lebih memuaskan.
9. (Nama siswa) senantiasa menunjukkan sikap Beriman dan Bertakwa yang baik melalui sopan santun dan tutur kata yang santun. Sikap Gotong Royong saat membersihkan kelas juga patut dicontoh. Jadikan akhlak mulia sebagai pondasi utama dalam belajarmu.
10. Ananda (nama siswa) menunjukkan capaian yang merata di semua area. Kemampuan bekerja sama sangat menonjol. Saya berharap (nama siswa) dapat lebih berani mengemukakan pendapat pribadi di depan kelas untuk melatih sikap Bernalar Kritisnya.
1. Ananda (nama siswa) telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam pemahaman konsep mata pelajaran (Sebutkan salah satu mata pelajaran unggulan, misal: Ilmu Pengetahuan Alam). Kemampuan Bernalar Kritis (nama siswa) terlihat jelas saat menganalisis data. Dalam Projek P5 dengan topik “Kearifan Lokal: Batik Nusantara”, (Nama siswa) menunjukkan inisiatif dan kemampuan Kreatif yang patut diacungi jempol. Teruslah kembangkan minatmu dan jadilah pribadi yang mandiri dan berakhlak mulia.
2. (Nama Siswa) menunjukkan penguasaan konsep yang mendalam di mata pelajaran eksak. Kemampuan Bernalar Kritis sangat menonjol saat menganalisis fenomena. Jaga konsistensi belajar dan terus kembangkan kepemimpinan di Projek P5.
3. (Nama siswa) memiliki potensi yang belum tergali maksimal. Pemahaman dasar terhadap beberapa materi ajar sudah baik, namun perlu ditingkatkan dalam hal motivasi belajar dan manajemen waktu. Saya mendorong (nama siswa) untuk lebih aktif dalam diskusi kelompok dan bertanggung jawab penuh terhadap tugasnya. Mari tingkatkan sikap tanggung jawab dan kemandirian untuk mencapai hasil yang lebih memuaskan di semester mendatang.
4. (Nama Siswa) adalah siswa dengan bakat kreatif yang tinggi di bidang (Sebutkan, misal: musik/teater). Kemampuan berkomunikasi lisan sangat baik. Saran: tingkatkan ketelitian dalam tugas-tugas yang bersifat detail agar hasil semakin sempurna.
5. (Nama siswa) adalah teladan dalam sikap Gotong Royong dan kepedulian terhadap lingkungan kelas. Ia selalu menjadi jembatan dalam perbedaan pendapat. Mari tingkatkan penguasaan materi (Sebutkan satu mapel yang perlu ditingkatkan, misal: bahasa Inggris) untuk menyeimbangkan potensi.
6. Pemahaman materi ajar sudah cukup baik. Namun, (Nama siswa) perlu meningkatkan inisiatif dalam belajar dan tidak menunggu diminta untuk bertindak. Melatih sikap Mandiri dan jadilah pemimpin bagi dirimu sendiri.
7. Ananda (Nama siswa) sangat proaktif dalam Projek P5 “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Ia menunjukkan ide-ide Kreatif dalam menyusun kampanye kesehatan mental. Perlu diperhatikan konsistensi dalam penyelesaian tugas di luar area minat.
8. Kami mengapresiasi ketangguhan (Nama siswa) dalam menghadapi tantangan belajar. Peningkatan kemampuan problem solving sudah terlihat. Teruslah kembangkan sikap Bernalar Kritis dan jangan ragu untuk bertanya saat mengalami kesulitan.
10. (Nama siswa) memiliki pemahaman yang cepat terhadap konsep-konsep baru. Namun, sering terlambat mengumpulkan tugas. Mari melatih kedisiplinan dan tanggung jawab untuk memastikan semua potensi yang dimiliki dapat menghasilkan capaian terbaik.
1. Ananda (nama siswa) menunjukkan kedewasaan berpikir yang luar biasa, terlihat dari kemampuan Bernalar Kritis dalam menganalisis isu-isu kompleks, terutama di mata pelajaran (Sebutkan salah satu mata pelajaran minat, misal: Ekonomi/Fisika). Partisipasi dalam Projek P5 “Suara Demokrasi di Sekolah” sangat berdampak, menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan yang baik. Pertahankan semangat untuk terus menggali potensi diri dan mempersiapkan diri dengan matang untuk jenjang pendidikan selanjutnya.
2. (Nama siswa) menunjukkan kematangan berpikir dan fokus pada persiapan studi lanjut. Analisisnya dalam Projek P5 tentang (Sebutkan tema, misal: Kewirausahaan] sangat visioner. Kemampuan Bernalar Kritis ini adalah bekal yang sangat baik untuk masa depan.
3. Secara akademik, (nama siswa) telah menunjukkan penguasaan materi yang baik, namun perlu lebih membuka diri untuk berinteraksi dan berkolaborasi. Keterlibatan dalam Projek P5 masih perlu ditingkatkan agar aspek Gotong Royong dan kebhinekaan global dapat terasah. Saya berharap (nama siswa) dapat mengembangkan kecakapan sosial dan kepedulian di semester depan, menciptakan keseimbangan antara capaian individu dan peran dalam komunitas sekolah.
4. (Nama siswa) adalah agen perubahan di kelas, selalu menyajikan solusi Kreatif terhadap masalah yang ada. Inisiatifnya dalam mengorganisir kelompok kerja patut dicontoh. Teruslah kembangkan potensi kepemimpinan ini dengan lebih konsisten.
5. (Nama siswa) menunjukkan sikap Mandiri yang kuat, mampu menyusun target belajar sendiri dan mengelola waktu dengan baik. Perlu lebih membuka diri untuk Gotong Royong dan berbagi ilmu dengan teman sebaya.
6. Keterlibatan (nama siswa) dalam kegiatan organisasi dan Projek P5 sangat tinggi. Namun, perlu ada penyesuaian manajemen waktu agar konsentrasi dan capaian di beberapa mata pelajaran akademik juga meningkat.
7. Ananda (nama siswa) adalah teladan dalam sikap Kebhinekaan Global, selalu menjadi penengah dan menghargai keberagaman pandangan. Kami berharap (nama siswa] dapat lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil pemikiran Bernalar Kritisnya di forum-forum besar.
8. (Nama siswa) memiliki kemampuan kolaborasi (Gotong Royong) yang sangat baik, mampu memotivasi tim dalam Projek P5 tentang (Sebutkan tema, misal: Bhinneka Tunggal Ika). Pertahankan semangat kerja sama dan sikap tanggung jawab yang tinggi ini.
9. (Nama Siswa) memiliki pemahaman mendalam pada materi (Sebutkan mapel, misal: Sejarah), namun masih ragu untuk berpendapat. Saya mendorong (nama siswa) untuk lebih berani dan yakin dengan kemampuan dirinya, serta melatih sikap Bernalar Kritis secara verbal.
10. (Nama siswa) adalah siswa yang disiplin dan menunjukkan sikap Beriman dan Bertakwa yang baik. Sikap mandiri dalam menyelesaikan tugas sudah sangat baik. Mari mulai siapkan diri untuk memilih jalur karir/studi dengan mencari informasi dan berdiskusi.
Itulah 25+ contoh catatan wali kelas semester ganjil untuk siswa SD, SMP, dan SMA sesuai dengan kurikulum Merdeka. Semoga berguna, ya.
10 Catatan Wali Kelas Semester Ganjil Siswa SD
10 Catatan Wali Kelas untuk Siswa SMP
10 Catatan Wali Kelas untuk Siswa SMA
1. Ananda (nama siswa) telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam pemahaman konsep mata pelajaran (Sebutkan salah satu mata pelajaran unggulan, misal: Ilmu Pengetahuan Alam). Kemampuan Bernalar Kritis (nama siswa) terlihat jelas saat menganalisis data. Dalam Projek P5 dengan topik “Kearifan Lokal: Batik Nusantara”, (Nama siswa) menunjukkan inisiatif dan kemampuan Kreatif yang patut diacungi jempol. Teruslah kembangkan minatmu dan jadilah pribadi yang mandiri dan berakhlak mulia.
2. (Nama Siswa) menunjukkan penguasaan konsep yang mendalam di mata pelajaran eksak. Kemampuan Bernalar Kritis sangat menonjol saat menganalisis fenomena. Jaga konsistensi belajar dan terus kembangkan kepemimpinan di Projek P5.
3. (Nama siswa) memiliki potensi yang belum tergali maksimal. Pemahaman dasar terhadap beberapa materi ajar sudah baik, namun perlu ditingkatkan dalam hal motivasi belajar dan manajemen waktu. Saya mendorong (nama siswa) untuk lebih aktif dalam diskusi kelompok dan bertanggung jawab penuh terhadap tugasnya. Mari tingkatkan sikap tanggung jawab dan kemandirian untuk mencapai hasil yang lebih memuaskan di semester mendatang.
4. (Nama Siswa) adalah siswa dengan bakat kreatif yang tinggi di bidang (Sebutkan, misal: musik/teater). Kemampuan berkomunikasi lisan sangat baik. Saran: tingkatkan ketelitian dalam tugas-tugas yang bersifat detail agar hasil semakin sempurna.
5. (Nama siswa) adalah teladan dalam sikap Gotong Royong dan kepedulian terhadap lingkungan kelas. Ia selalu menjadi jembatan dalam perbedaan pendapat. Mari tingkatkan penguasaan materi (Sebutkan satu mapel yang perlu ditingkatkan, misal: bahasa Inggris) untuk menyeimbangkan potensi.
6. Pemahaman materi ajar sudah cukup baik. Namun, (Nama siswa) perlu meningkatkan inisiatif dalam belajar dan tidak menunggu diminta untuk bertindak. Melatih sikap Mandiri dan jadilah pemimpin bagi dirimu sendiri.
7. Ananda (Nama siswa) sangat proaktif dalam Projek P5 “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Ia menunjukkan ide-ide Kreatif dalam menyusun kampanye kesehatan mental. Perlu diperhatikan konsistensi dalam penyelesaian tugas di luar area minat.
8. Kami mengapresiasi ketangguhan (Nama siswa) dalam menghadapi tantangan belajar. Peningkatan kemampuan problem solving sudah terlihat. Teruslah kembangkan sikap Bernalar Kritis dan jangan ragu untuk bertanya saat mengalami kesulitan.
10. (Nama siswa) memiliki pemahaman yang cepat terhadap konsep-konsep baru. Namun, sering terlambat mengumpulkan tugas. Mari melatih kedisiplinan dan tanggung jawab untuk memastikan semua potensi yang dimiliki dapat menghasilkan capaian terbaik.
10 Catatan Wali Kelas untuk Siswa SMP
1. Ananda (nama siswa) menunjukkan kedewasaan berpikir yang luar biasa, terlihat dari kemampuan Bernalar Kritis dalam menganalisis isu-isu kompleks, terutama di mata pelajaran (Sebutkan salah satu mata pelajaran minat, misal: Ekonomi/Fisika). Partisipasi dalam Projek P5 “Suara Demokrasi di Sekolah” sangat berdampak, menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan yang baik. Pertahankan semangat untuk terus menggali potensi diri dan mempersiapkan diri dengan matang untuk jenjang pendidikan selanjutnya.
2. (Nama siswa) menunjukkan kematangan berpikir dan fokus pada persiapan studi lanjut. Analisisnya dalam Projek P5 tentang (Sebutkan tema, misal: Kewirausahaan] sangat visioner. Kemampuan Bernalar Kritis ini adalah bekal yang sangat baik untuk masa depan.
3. Secara akademik, (nama siswa) telah menunjukkan penguasaan materi yang baik, namun perlu lebih membuka diri untuk berinteraksi dan berkolaborasi. Keterlibatan dalam Projek P5 masih perlu ditingkatkan agar aspek Gotong Royong dan kebhinekaan global dapat terasah. Saya berharap (nama siswa) dapat mengembangkan kecakapan sosial dan kepedulian di semester depan, menciptakan keseimbangan antara capaian individu dan peran dalam komunitas sekolah.
4. (Nama siswa) adalah agen perubahan di kelas, selalu menyajikan solusi Kreatif terhadap masalah yang ada. Inisiatifnya dalam mengorganisir kelompok kerja patut dicontoh. Teruslah kembangkan potensi kepemimpinan ini dengan lebih konsisten.
5. (Nama siswa) menunjukkan sikap Mandiri yang kuat, mampu menyusun target belajar sendiri dan mengelola waktu dengan baik. Perlu lebih membuka diri untuk Gotong Royong dan berbagi ilmu dengan teman sebaya.
6. Keterlibatan (nama siswa) dalam kegiatan organisasi dan Projek P5 sangat tinggi. Namun, perlu ada penyesuaian manajemen waktu agar konsentrasi dan capaian di beberapa mata pelajaran akademik juga meningkat.
7. Ananda (nama siswa) adalah teladan dalam sikap Kebhinekaan Global, selalu menjadi penengah dan menghargai keberagaman pandangan. Kami berharap (nama siswa] dapat lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil pemikiran Bernalar Kritisnya di forum-forum besar.
8. (Nama siswa) memiliki kemampuan kolaborasi (Gotong Royong) yang sangat baik, mampu memotivasi tim dalam Projek P5 tentang (Sebutkan tema, misal: Bhinneka Tunggal Ika). Pertahankan semangat kerja sama dan sikap tanggung jawab yang tinggi ini.
9. (Nama Siswa) memiliki pemahaman mendalam pada materi (Sebutkan mapel, misal: Sejarah), namun masih ragu untuk berpendapat. Saya mendorong (nama siswa) untuk lebih berani dan yakin dengan kemampuan dirinya, serta melatih sikap Bernalar Kritis secara verbal.
10. (Nama siswa) adalah siswa yang disiplin dan menunjukkan sikap Beriman dan Bertakwa yang baik. Sikap mandiri dalam menyelesaikan tugas sudah sangat baik. Mari mulai siapkan diri untuk memilih jalur karir/studi dengan mencari informasi dan berdiskusi.
Itulah 25+ contoh catatan wali kelas semester ganjil untuk siswa SD, SMP, dan SMA sesuai dengan kurikulum Merdeka. Semoga berguna, ya.







