Cara Cek Penerima PIP SD-SMA di Aplikasi SIPINTAR Lengkap Jadwal Pencairan

Posted on

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah untuk siswa kurang mampu. Siswa dapat mengetahui cara cek penerima PIP di aplikasi SIPINTAR.

Dikutip Pusat Informasi ULT Kemendikdasmen, PIP bertujuan untuk membantu biaya pendidikan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, rentan miskin, atau prioritas. Tidak semua siswa berhak mendapatkan bantuan ini. Hanya yang memenuhi syarat dan ketentuan resmi.

Berikut penjelasan tata cara cek penerima PIP di aplikasi SIPNTAR untuk semua jenjang sekolah, dari SD hingga SMA. Yuk, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.

SIPINTAR adalah singkatan dari Sistem Informasi Program Indonesia Pintar. Aplikasi ini hadir sebagai sistem untuk mempermudah koordinasi dan diseminasi informasi terkait penetapan serta penyaluran dana bantuan.

Aplikasi SIPINTAR dapat diakses secara online malalui PC, laptop, tablet, HP dengan cara membuka situs resmi https://pip.kemendikdasmen.go.id/home_v1.
Masyarakat dapat mengetahui informasi penerima PIP secara mandiri ataupun melalui satuan pendidikan.

Pengecekan penerima PIP dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu repot-repot datang ke sekolah untuk memastikannya. Hanya perlu menyiapkan NISN dan NIK agar bisa mengecek status penerima bantuan atau bukan. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti:

1. Buka situs

2. Masukkan NISN dan NIK

3. Ketik hasil perhitungan yang muncul

4. Klik “Cek Penerima PIP”

5. Muncul keterangan siswa sebagai penerima atau bukan

6. Tanda bantuan sudah dicairkan ke rekening adalah “Dana Sudah Masuk (tanggal pencairan).”

PIP dirancang untuk membantu siswa sekolah yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin untuk mendapatkan bantuan pendidikan. Tujuannya untuk meringankan biaya langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan pendidikan.

Artinya, tidak semua siswa SD, SMP, SMA bisa mendapatkan bantuan PIP. Siswa harus memenuhi kriteria untuk dapat menerima bantuan. Inilah sejumlah kriteria yang harus dipenuhi:

1. Peserta Didik pemegang KIP.

2. Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan.

3. Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera.

4. Peserta Didik yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan.

5. Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam.

6. Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah.

7. Peserta Didik yang mengalami gangguan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah.

8. Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

Dana PIP akan diberikan kepada siswa berdasarkan jadwal atau termin yang sudah ditetapkan. Berdasarkan jadwal tahun lalu, ada tiga termin pembagian dana PIP yakni:

Proses pencairan PIP termin pertama sudah berlangsung dari awal tahun yakni Januari, Februari, Maret dan April.

Pencairan PIP termin kedua berlangsung di bulan Juni. Prosesnya dimulai pada Mei dan berakhir di bulan Agustus.

Untuk termin ketiga atau terakhir akan diberikan pemerintah antara bulan September hingga Desember.

Itulah cara cek penerima PIP di aplikasi SIPINTAR lengkap dengan kriteria dan jadwal pencairan. Semoga berguna, ya.

Apa itu Aplikasi SIPINTAR?

Cara Cek Penerima PIP

Kriteria Penerima PIP Kemendikbud

Jadwal Pencairan PIP 2025

1. Pencairan PIP Termin Pertama

2. Pencairan PIP Termin Kedua

3. Pencairan PIP Termin Ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *