Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, menargetkan pergerakan penumpang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026 mencapai sekitar 162.581 penumpang. Bandara akan beroperasi 24 jam menyesuaikan kebutuhan maskapai yang akan dibuka selama 21 hari.
General Manager Bandara Internasional SMB II, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan tren lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang pesawat dipantau setiap hari melalui posko.
Data ini, sambungnya, menjadi dasar dalam mengoptimalkan fasilitas, personel dan infrastruktur bandara untuk kelancaran operasional bandara.
“Sebagai wujud nyata kesiapan, Bandara SMB II mengaktifkan Posko Nataru mulai hari ini (Senin), 15 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026,” ujarnya, Selasa (16/12/2025).
Menurut Iwan, adapun kesiapan yang dilakukan SMB II dalam menyambut libur Nataru yakni kesiapan infrastruktur, fasilitas dan personel yang telah disiagakan secara optimal guna mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan pada peak season
akhir tahun ini.
“Selain itu, seluruh infrastruktur bandara dipastikan siap pada periode Nataru. Infrastruktur sisi udara yakni runway, taxiway, apron hingga sistem kelistrikan dan fasilitas drainase dipastikan dalam kondisi baik untuk melayani penerbangan,”ujarnya.
Selain itu, pengoperasian posko selama 21 hari ini bertujuan untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di bandara berjalan optimal dan mematuhi regulasi di tengah peak season akhir tahun.
“Pendirian posko ini menjadi penanda dimulainya kesiapan penuh seluruh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat pada periode libur akhir tahun. Fokus kami adalah melayani sepenuh hati kepada seluruh pengguna jasa bandara untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman dan berkesan,” ujarnya.
Posko juga berfungsi sebagai wadah kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara.
“Sinergi antara SMB II sebagai operator bandara, regulator, maskapai penerbangan, operator ground handling, serta instansi terkait lainnya diperkuat melalui posko ini guna menjamin kelancaran operasional dan kenyamanan penumpang,” jelasnya.
Posko juga menyediakan data lalu lintas penerbangan secara realtime untuk menjadi dasar pengambilan keputusan secara cepat dan tepat guna memastikan operasional bandara berjalan lancar.
Pada periode Nataru ini, SMB II juga meluncurkan inovasi layanan terbaru yakni Inovasi Customer Service Mobile.
Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir mengatakan inovasi layanan tersebut sebagai upaya menunaikan janji melayani sepenuh hati.
“Pada periode Nataru ini injourney airports memperkenalkan inovasi layanan terbaru yakni customer service mobile. Staf customer service mobile memakai seragam jas dan berdasi batik. Mereka bergerak secara mobile di terminal dan memberikan solusi secara langsung di spot manapun termasuk pada passenger service touch seperti area check-in, boarding lounge, arrival hall dan lain sebagainya,” ujarnya.
Lebih lanjut, jelas R. Iwan Winaya Mahdar, selama Periode Nataru ini bandara turut menghadirkan suasana Natal dan Tahun Baru untuk menemani perjalanan masyarakat.
“Mayoritas perjalanan pada akhir tahun dilakukan oleh keluarga yang sedang berlibur. Sejalan dengan ini, kami menghadirkan program aktivasi customer experience hingga nuansa Natal dan Tahun Baru yang dapat dirasakan 5 panca indera untuk memberikan seamless journey experience kepada seluruh keluarga yang melakukan perjalanan pada libur panjang akhir tahun ini,” jelas Iwan Winaya.







