Heboh Ridwan Kamil Protes Pesawat Delay, Super Air Jet Minta Maaf

Posted on

Viral di media sosial saat eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) memprotes maskapai Super Air Jet lantaran jadwal penerbangan diundur atau delay. Peristiwa itu diketahui terjadi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Dilansir infoNews, peristiwa itu viral dalam unggahan di media sosial. Terlihat, RK dan sejumlah penumpang tengah berbicara dengan pihak bandara.

Dalam video viral itu, terlihat RK dan sejumlah penumpang tengah berbicara dengan pihak bandara. RK berdiri di hadapan pihak bandara. Terdengar RK meminta dihubungkan dengan orang yang bertanggung jawab atas jadwal penerbangan yang delay beberapa kali.

RK terlihat cukup lama berbincang dengan pihak bandara tersebut. Di sekeliling RK, terdengar teriakan dari penumpang lainnya agar orang tersebut segera menghubungi atasannya.

Pengacara RK, Muslim, menjelaskan jadwal penerbangan yang dimaksud ialah rute DPS-CGK dari Super Air Jet IU 745 yang mulanya dijadwalkan pukul 21.30 WIB. Namun jadwal diundur ke pukul 23.45 WIB kemudian ke pukul 01.30 WIB.

“Pesawat Super air Jet IU 745 jadwal 21.30 DPS-CGK. Tiba-tiba diundur ke jam 23.45 WIB. Diundur lagi ke jam 01.30 WIB,” kata Muslim kepada wartawan, Sabtu (12/7/2025).

Dia menyebut penerbangan itu mendadak dibatalkan dan kembali dijadwalkan pukul 08.00 WIB keesokannya. Dia menyebut total durasi pengunduran jadwal penerbangan hingga 10 jam.

“Tiba-tiba diumumkan pesawat dibatalkan, akan berangkat jam 08.00 WIB esok harinya. Total delay 10 jam,” kata Muslim.

Muslim menjelaskan penumpang diberi tahu penerbangan dibatalkan dini hari lantaran ada perbaikan landasan pacu (overlay) bandara. Di sisi lain, pesawat tersedia saat itu.

“Alasan gagal berangkat karena jam 02.00-07.00 WIB pihak bandara ada pengaspalan jalan. Padahal pesawat ada dan siap berangkat. Penumpang protes, kenapa ngaspal jalan nggak ditunda aja sejam, demi ratusan penumpang bisa terbang. Karena pesawat sudah siap,” jelasnya.

Muslim menyebut saat itu RK diminta para penumpang agar melakukan lobi langsung dengan pihak pimpinan bandara. Namun RK mengaku tidak diberi akses tersebut oleh pihak manajer bandara.

“Saya tiba-tiba diminta para penumpang untuk membantu melobi pihak pimpinan bandara. Tapi manajer bandara tidak mau memberi kami bicara ke pimpinannya. Itu inti protes kemarin. Ada yang gagal ujian, gagal transit, gagal meeting, dan lain-lain,” kata RK melalui pengacaranya.

“Dan pihak teknis bandara tidak memberi akses penumpang untuk bicara ke pimpinan bandara dan pilot pesawat yang stand by,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari, menyampaikan permohonan maaf atas kejadian itu.

“Super Air Jet menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan pengguna layanan penerbangan IU-745 dari Bali menuju Jakarta yang dijadwalkan pada 11 Juli 2025 dengan 172 pelanggan,” kata Ari kepada wartawan, Sabtu (12/7/2025).

Dia mengatakan penerbangan rute DPS-CGK yang hendak ditumpangi RK dan para penumpang itu dijadwalkan ulang lantaran alasan operasional. Ari menyebut pesawat perlu dilakukan penyesuaian rotasi dari rute-rute sebelumnya.

“Penerbangan tersebut mengalami penjadwalan ulang karena adanya penyesuaian rotasi pesawat dari rute-rute sebelumnya. Langkah ini dilakukan untuk memastikan operasional penerbangan berjalan secara aman dan nyaman sesuai standar yang berlaku. Keputusan ini merupakan upaya terbaik yang dapat ditempuh dalam kondisi tersebut,” katanya.

“Penerbangan IU-745 telah diberangkatkan kembali pada 12 Juli 2025 pukul 08.05 WITA menggunakan pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-STZ,” sambungnya.

Ari menjelaskan pihaknya memberikan kompensasi kepada para penumpang yang terdampak. Kompensasi itu meliputi akomodasi, uang tunai hingga konsumsi.

“Sebagai bentuk tanggung jawab dan layanan kami kepada seluruh pelanggan, Super Air Jet telah memberikan kompensasi sesuai ketentuan yang berlaku, antara lain makanan dan minuman, akomodasi hotel serta kompensasi tunai sesuai regulasi,” jelasnya.

Ari mengakui situasi itu telah berdampak pada kenyamanan pelayanan untuk penumpang. Dia menegaskan maskapainya terus berkomitmen memberikan layanan terbaik.

“Kami menghargai kesabaran dan pengertian yang telah diberikan oleh para pelanggan serta kami memahami bahwa situasi ini menimbulkan ketidaknyamanan. Super Air Jet terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan memastikan pengalaman terbang aman dan nyaman di setiap perjalanan,” terang Ari.