Peserta penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) memerlukan Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) untuk mengetahui pencairan dana. Pengecekan NISN bisa dilakukan melalui HP dengan mengunjungi link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
Nomor Induk Siswa Nasional atua NISN merupakan kode pengenal yang menjadi identitas, bersifat unik, dan berlaku sepanjang masa. Selain itu, NISN berguna sebagai pembeda antara satu siswa dengan lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan luar negeri.
Peserta didik mendapat NISN dari sekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolanya dilakukan secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).
Pemerintah memberikan akses untuk mengecek NISN lewat HP bagi penerima PIP Kemendikdasmen. Siswa tidak perlu repot-repot datang ke sekolah untuk mengetahui nomor tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti:
Apabila situs tersebut tidak dapat diakses, bisa memilih cara lain untuk mendapatkan NISN. Misalnya, membuka rapor atau dokumen penting lain yang berkaitan dengan sekolah. Apabila tidak ada, cara terakhir yakni mendatangi sekolah dan bertanya kepada pihak administrasi.
Untuk melakukan verifikasi dan validasi NISN siswa lulusan sekolah dalam dan luar negeri dapat melakukan verifikasi serta validasi (verval) melalui link berikut:
Ada beberapa tujuan sekaligus manfaat dari NISN yang diberikan kepada siswa. Berikut ini rincian lengkap dari tujuan dan manfaat NISN:
Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) tahun 2025 akan cair pada 10 April. Peserta yang belum yakin terdaftar atau tidak dapat mengecek status penerima PIP Dikdasmen secara online.
Informasi pencairan dana PIP tahun 2025 diumumkan melalui Instagram resmi @sobatpip. Dalam pengumuman tersebut, disampaikan kabar baik untuk siswa yang duduk kelas akhir yakni 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA/SMK akan menerima transferan dana bantuan mulai 10 April 2025.
Setelah mendapatkan nomor NISN, peserta didik dapat mengecek status penerimaan melalui laman PIP Kemendikdasmen. Berikut ini tata cara mengeceknya:
1. Buka situs PIP Dikdasmen
2. Masukkan NISN dan NIK
3. Ketik hasil perhitungan yang muncul
4. Klik “Cek Penerima PIP”
5. Muncul keterangan siswa sebagai penerima atau bukan
6. Tanda bantuan sudah dicairkan ke rekening adalah “Dana Sudah Masuk (tanggal pencairan).”
Itulah panduan atau cara cek NISN peserta penerima PIP Kemdikbud lengkap dengan tujuan, manfaat, serta jadwal pencairan PIP Kemdikdasmen. Semoga membantu, ya.