Lowongan Kerja Kemenkop 2025 Posisi PMO Kopdes: Jadwal, Syarat-Cara Daftar

Posted on

Kementerian Koperasi (Kemenkop) membuka lowongan kerja baru untuk posisi Project Management Officer (PMO) Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDKMP). Kesempatan ini terbuka untuk lulusan sarjana sederajat.

Berdasarkan Surat Edaran Deputi Bidang Pengawasan Koperasi Nomor 1 Tahun 2025, lowongan kerja Kemenkop untuk posisi PMO dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2025 tentang Penguatan KDKMP dengan target pembentukan 80.000.

Kemenkop memandang perlu adanya PMO di setiap provinsi dan kabupaten/kota guna memastikan tata kelola, pengawasan, dan pencapaian program KDKMP bisa berjalan efektif, transparan, dan terukur. Untuk itu, perlu diketahui jadwal, syarat, hingga tata cara mendaftar.

PMO adalah sebuah unit yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar, metodologi, dan praktik terbaik dalam manajemen proyek secara terpusat. Fungsi utamanya yakni mendukung berbagai proyek, memantau kinerja, mengelola sumber daya, dan memastikan semua proyek berjalan sesuai dengan tujuan.

Dalam hal lowongan kerja Kemenkop, ada dua posisi PMO yang sedang dibuka dengan jumlah masing-masing dua orang. Adapun posisi jabatan yang dibutuhkan yakni:

Secara keseluruhan jumlah PMO yang dibutuhkan oleh Kemenkop yakni 1028 orang untuk kabupaten/kota dan 76 orang untuk provinsi. Adapun rincian gajinya sebagai berikut:

Gaji atau honorarium diberikan per bulan dengan masa kerja selama tiga bulan. Jadi, total penghasilan PMO Kopdes Kemenko senilai Rp 21.000.000 di tingkat kabupaten/kota dan Rp 24.000.000 tingkat provinsi.

Ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar sebagai PMO Kopdes. Adapun syaratnya yakni:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pendidikan minimal S1/D4 semua jurusan

3. Usia maksimal 60 tahun pada saat pendaftaran

4. Sehat jasmani dan rohani

5. Tidak sedang terikat kontrak dengan instansi lain

6. Bersedia berkomitmen penuh selama masa kerja kontrak (3 bulan)

7. Diutamakan yang memiliki pengalaman pendampingan/pelatihan koperasi/UMKM/pemberdayaan masyarakat

8. Menguasai aplikasi Microsoft Officer

Setelah memenuhi semua persyaratan, berikutnya perlu melengkapi dokumen atau berkas yang diminta. Adapun daftarnya sebagai berikut:

1. Surat lamaran ()

2. Curriculum vitae (CV) terbaru

3. Ijazah

4. Transkrip akademik

5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Kartu Keluarga (KK)

7. Pas foto terbaru (ukuran 4×6 cm, menghadap ke depan

8. Dokumen persyaratan yang dikeluarkan oleh Airlangga Assessment Center (AAC)

9. Surat keterangan sehat

10. Sertifikat pengalaman/surat keputusan tentang pendampingan/pelatihan

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses website resmi Rekrutmen ACC melalui link . Adapun tata caranya sebagai berikut;

1. Buka website resminya

2. Klik “Next”

3. Lengkapi data Pilihan

4. Isi “Data Diri” dengan benar dan tepat

5. Upload file pendukung

6. Cek kembali data yang sudah diisi

7. Jika tidak ada yang keliru submit lamaran

Keseluruhan rangkaian rekrutmen atau lowongan kerja Kemenkop ini mempunyai tahapan beserta tenggat waktunya. Berikut ini rincian jadwal lengkapnya:

Seleksi ini menggunakan sistem gugur. Apabila berkas tidak sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi maka tidak bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Untuk tes tertulis terdiri dari dua hal yakni tes kemampuan bidang koperasi dan psikotest.

Itulah penjelasan lengkap lowongan kerja Kemenkop posisi PMO Kopdes untuk lulusan sarjana sederajat. Semoga berguna, ya.

Apa itu PMO?

Syarat Menjadi PMO Kopdes Kemenkop

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Tata Cara Pendaftaran

Jadwal PMO Kopdes Kemenkop

Ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar sebagai PMO Kopdes. Adapun syaratnya yakni:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pendidikan minimal S1/D4 semua jurusan

3. Usia maksimal 60 tahun pada saat pendaftaran

4. Sehat jasmani dan rohani

5. Tidak sedang terikat kontrak dengan instansi lain

6. Bersedia berkomitmen penuh selama masa kerja kontrak (3 bulan)

7. Diutamakan yang memiliki pengalaman pendampingan/pelatihan koperasi/UMKM/pemberdayaan masyarakat

8. Menguasai aplikasi Microsoft Officer

Syarat Menjadi PMO Kopdes Kemenkop

Setelah memenuhi semua persyaratan, berikutnya perlu melengkapi dokumen atau berkas yang diminta. Adapun daftarnya sebagai berikut:

1. Surat lamaran ()

2. Curriculum vitae (CV) terbaru

3. Ijazah

4. Transkrip akademik

5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Kartu Keluarga (KK)

7. Pas foto terbaru (ukuran 4×6 cm, menghadap ke depan

8. Dokumen persyaratan yang dikeluarkan oleh Airlangga Assessment Center (AAC)

9. Surat keterangan sehat

10. Sertifikat pengalaman/surat keputusan tentang pendampingan/pelatihan

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses website resmi Rekrutmen ACC melalui link . Adapun tata caranya sebagai berikut;

1. Buka website resminya

2. Klik “Next”

3. Lengkapi data Pilihan

4. Isi “Data Diri” dengan benar dan tepat

5. Upload file pendukung

6. Cek kembali data yang sudah diisi

7. Jika tidak ada yang keliru submit lamaran

Keseluruhan rangkaian rekrutmen atau lowongan kerja Kemenkop ini mempunyai tahapan beserta tenggat waktunya. Berikut ini rincian jadwal lengkapnya:

Seleksi ini menggunakan sistem gugur. Apabila berkas tidak sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi maka tidak bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Untuk tes tertulis terdiri dari dua hal yakni tes kemampuan bidang koperasi dan psikotest.

Itulah penjelasan lengkap lowongan kerja Kemenkop posisi PMO Kopdes untuk lulusan sarjana sederajat. Semoga berguna, ya.

Tata Cara Pendaftaran

Jadwal PMO Kopdes Kemenkop